Sabtu, 16 Januari 2016

INSPIRASI DI KORAN BEKAS

KESEMPATAN.
Saat saya lagi duduk duduk santai di teras rumah di hari minggu sambil makan kacang rebus yg dibelikan oleh bekas pacar , saya iseng sambil baca tulisan di koran dari bungkus kacang rebus yg saya makan. Rangkaian kalimat yang membahas kesempatan itu sangat menarik minat bacaku untuk ku teruskan hingga selesai aku membacanya. Salah satu kalimat yang sangat menggelitik hatiku saat itu adalah:

"You do not need to be great to start something. Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice."

Anda tidak perlu menjadi hebat untuk memulai sesuatu. Lakukan sekarang dan jangan pernah menunda karena kesempatan mungkin tidak datang dua kali.

Hal tersebut mengingatkan saya pada apa yang pernah saya baca, tulisan yg disampaikan oleh motivator Andrie Wongso, seperti paparannya dibawah ini:

TIGA TIPE MANUSIA.
Dalam proses meraih kesuksesan, kita boleh punya kemampuan. Kita boleh punya pengetahuan. Tapi kalau kita tidak punya kesempatan, maka semua akan menjadi sia-sia! Ada 3 tipe manusia, dalam melihat sebuah kesempatan. Dalam pepatah Mandarin dikatakan:

1. Orang yang lemah, menunggu kesempatan
2. Orang yang kuat, menciptakan kesempatan
3. Orang yang cerdik & bijak memanfaatkan kesempatan.

Bagi orang lemah.
Bila kesempatan belum datang, dia akan menunggu dan menunggu sampai kesempatan itu datang, Bila ditunggu kesempatan belum juga datang, dia berpikir, "Yah.... Ini memang nasibku."

Bagi orang kuat.
Bila kesempatan belum datang, dia akan mengunakan berbagai macam cara: kreativitas, memanfaatkan koneksi, dan segenap kemampuannya untuk menciptakan kesempatan itu datang padanya.

Bagi orang cerdik & bijaksana.
Dia akan memanfaatkan kesempatan karena dia menyadari kesempatan adalah sesuatu yang berharga. Belum tentu kesempatan itu datang untuk kedua kali!

Memang pada kondisi tertentu, kadang munculnya kesempatan itu butuh pematangan waktu. Kita perlu menunggu sesaat, tetapi bukan dengan sikap yang pasif, sebaliknya, kita menunggu kesempatan itu dengan sikap waspada, proaktif, dan penuh kesiapan.

Seperti sikap seekor kucing yang akan menangkap tikus, kucing bisa dengan sabar, waspada, penuh kesiapan menunggu kesempatan tikus keluar dari lubang persembunyiannya. Begitu tikus keluar, kucing akan segera menyergap mangsanya. Keberhasilan kucing melumpuhkan tikus adalah serangkaian proses melakukan tiga hal yang saya bicarakan di atas, yaitu kemampuan menunggu kesempatan bukan secara pasif tetapi proaktif, penuh kesiapan. Begitu kesempatan tercipta, langsung dimanfaatkan.

Kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus dimiliki bagi siapa saja yang mau mengembangkan diri. Tanpa kesempatan yang tersedia, tidak mungkin kita bisa sukses. Oleh sebab itu bila kesempatan belum datang, kita harus berusaha menciptakannya, bahkan saat di dalam kesulitan. Persis seperti yang dikatakan oleh ilmuwan besar Albert Einstein: Di dalam setiap kesulitan terdapat kesempatan.

Untuk itu, jika kita punya sikap mental positif dan keuletan untuk berusaha terus menerus, suatu hari, kesempatan pasti akan datang. Pastikan dengan segenap kreativitas, kerja keras, keuletan, dan niat baik kita ciptakan kesempatan, manfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin dan memperoleh kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, dan lebih berarti!!
Salam sukses luar biasa!!

Demikian motivator Andri Wongso memberikan inspirasi kepada kita semua dalam melihat kesempatan demi pengembangan karier atau kerja kita .
Singkatnya, Selalu Siapkan Diri (SSD), Manfaatkan Kesempatan Dengan Kesungguhan (MKDK), Insya Allah inspirasi dari koran bekas-pun akan mampu membekas dan akhirnya kesuksesan yang kita harapkan akan meretas.

Salam, SSD & MKDK!!!
Medan Satria, 16 Januari 2016
Maryono Rahardjo


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar