Senin, 26 Desember 2011

KINERJA, CITRA DAN PERSEPSI

 

Beberapa pakar mengatakan bahwa kinerja adalah segalanya. Kinerja yang baik bisa membawa seseorang yang tadinya bukan siapa-siapa, suatu hari dapat menggapai impiannya hingga meraih  kedudukan puncak sebuah perusahaan besar. Oleh karena itu kinerja seseorang  yang bila dari waktu ke waktu  bertambah  semakin baik, di ujung sana dia akan bisa mendapatkannya dan yang namanya prestasi, penghargaan dan kesuksesan adalah sebuah keniscayaan.


Namun pendapat dibawah, cukup berbeda   sisi pandang dengan paham yang telah terlanjur diyakini oleh banyak orang seperti tersebut diatas. LILLIAN TOO dalam bukunya : STRATEGIES FOR CAREER SUCCESS, yang telah dialih bahasakan oleh Anna W Bangun, memberikan asupan lain kepada kita semua dalam paparan berikut.


Tiga faktor utama telah secara luas diakui sebagai faktor penentu promosi yang istimewa. Tanamkan itu yang kuat dalam fikiran, pada saat Anda menyusun  strategi dan taktik untuk membentuk reputasI, citra bisnis dan atau keprofesionalan yang baik.

KINERJA :

Kualitas  pekerjaan Anda

CITRA:

 Kesan yang Anda ciptakan

PERSEPSI :

 Orang macam apakah Anda, dan berapa banyak yang tahu mengenai Anda.

 

Akan tetapi, hasil riset baru-baru ini (buku ditulis tahun 1995) menunjukkan bahwa kinerja yang aktual  hanya menyumbang sebesar 10% untuk keputusan mempromosikan seseorang.  Citra menyumbang  sebesar 30%, sedangkan persepsi membawa jumlah  paling besar, yaitu sebesar 60%.  Penemuan ini sangat menekankan pentingnya  membentuk visibilitas dan kredibilitas yang positif.  Karena itu, ada baiknya  bila kita mengusahakan arti yang berhubungan dari CITRA dan PERSEPSI.

 

 

 

CITRA adalah:

Bagaimanana Anda Tampil* Apakah Anda tampak seperti seorang manager yang sukses* Apakah cara berpakaian Anda pantas* Apakah Anda memancarkan keyakinan* Apakah Anda menyandang pangkat dan kedudukan Anda dengan cara yang rilek* Apakah Anda tampak menguasai diri* Bagaimana suara Anda terdengar* Apakah suara Anda jelas dan bermodulasi baik* Apakah Anda yakin dan serius ketika berbicara* Apa yang Anda katakan* Apakah Anda konsisten* Apakah Anda jitu * Apakah Anda mendemonstrasikan kekukuhan dan akal sehat* Citra adalah gambaran  kesan-kesan pertama  yang menciptakan kebaikan bagi Anda.

 

PERSEPSI adalah:

Visibilitas yang Anda nikmati* Adalah seberapa banyak pembuat keputusan yang relevan mengenal Anda dan mengetahui tentang Anda* Apa pendapat mereka tentang Anda* Bagaimana mereka memandang Anda* Apakah kredibilitas umum Anda positif* Apakah Anda terlihat  sebagai seorang yang potensial  untuk berhasil atau gagal.

 

Dari dua paham yang berbeda tersebut saya melihatnya  bukan dari  benar dan salahnya pendapat tersebut, karena saya meyakini dua pendapat tersebut mempunyai penganut setia serta dari masing-masing paham termaksud dipastikan mempunyai bukti pembenarannya. Boleh jadi, barangkali pandangan yang bijak adalah pandangan yang menganggap dua hal tersebut tercipta   untuk saling melengkapi.

 

Untuk itu alangkah idealnya bila  seseorang atau Anda  mempunyai kinerja yang baik ditambah lagi mempunyai karakter atau kebiasaan pembentuk Citra  serta  Persepsi yang baik.  Umumnya  kondisi  ideal  pastilah akan  sulit untuk didapat, makanya  yang sekarang banyak kita jumpai dimasyarakat atau dunia kasat mata  adalah mereka yang hanya sibuk membuat CITRA  dan PERSEPSI namun sangat  kering dengan  KINERJA  dan makna.

 

Kalau sudah begitu mana yang harus dipilih .... gak usah bingung karena pilihan penuh ditangan Anda. Dan seharusnya, bukannya harus memilih mana yang benar namun pilihlah mana yang COCOK &  PAS buat kepribadian Anda.

"Akhirnya, Selamat Menyongsong Tahun Baru, Dua Ribu Dua Belas ( salam-DRDB)".

 

 

BRAVO,

Maryono Rahardjo.

Medan Satria, 25 Desember 2011.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar