Senin, 26 Desember 2011

TANGGUNG JAWAB DAN KARAKTER PEMIMPIN


 

Fakta yang kita jumpai dilapangan, tidak banyak orang  yang berani menunjukkan  sikap untuk berani bertanggung jawab bila dalam hasil  pekerjaanya ternyata berbuah sebuah kesalahan atau ketidak berhasilan yang harus dipertanggung jawabkan. Begitu banyak contoh yang dipertunjukan dalam kehiidupan sehari-hari kita, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk melakukan sesuatu yang tidak mempunyai dampak yang cukup berat. Padahal karakter berani mengambil tanggung jawab itu adalah sikap dasar calon pemimpin, yang harus dibiasakan dari hal-hal yang remeh temeh terlebih dahulu, sebelum  berani mengambil tanggung jawab yang lebih besar sesuai dengan yang seharusnya mereka harus ambil, bila dikorelasikan dengan posisinya.


Dari buku "The 22 Biggest  Mistakes  Manager  and How  Correct Them" yang ditulis oleh  James K Van Fleet dan telah diterjemahkan oleh Harris  Munandar, salah satu topik yang menarik untuk saya garis bawahi adalah  sub topik  yang mengangkat masalah TANGGUNG  JAWAB.


Disitu dijelaskan panjang lebar kepada  para  pembaca bahwa sifat  berani mengambil tanggung jawab tersebut akan membawa effek  yang sangat baik  dan berguna dalam usaha  menghantar siapa saja untuk memperoleh karakter PEMIMPIN, dan  sekurang-kurangnya  akan  menjadikan orang tersebut berbuat dan menjadikan,

1.    Anda akan selalu terdorong meluncurkan inisiatif

2.    Bobot Profesional Anda akan meningkat

3.    Anda  akan mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari para atasan

4.    Anda akan memperoleh ketaatan, kerjasama dan dukungan bawahan anda

5.    Jika anda berani mencari tanggung jawab, ia akan muncul menemui anda.

 

Tentu saja, karakter seperti item tersebut  diatas harus  dicapai lewat perjuangan yang tidak ringan seperti hanya membalikkan tangan.  Namun biasanya harus  lewat usaha keras yang tidak kenal lelah serta penuh ketabahan.  Banyak  orang yang mengatakan, There  is  no free lunch untuk mendapatkan  sesuatu. Untuk  itu James  mencoba  memberikan guidance  langkah  yang harus dilakukan  seperti pointer dibawah.

1.    Ketahuilah bidang bidang  yang menjadi tanggung jawab utama.

2.    Kerjakanlah  setiap tugas dengan sebaik-baiknya

3.    Pupuklah  keberanian  untuk mempertahankan  prinsip2 dan keyakinan Anda

4.    Ambil alih tanggung jawab atas kegagalan  bawahan anda

5.    Bertanggung secara penuh atas tindakan2 anda sendiri

6.    Mintalah  berbagai macam tugas Manajemen

 

Diharapkan penggalan  tulisan dari James K Van Fleet tersebut bisa menginspirasi   kita semua dalam mentunaikan tugas JIHAD kita  sehari-hari agar dapat berhasil sesuai yang dicita-citakan, menjadi pemimpin atau leader yang akan dapat membawa kehidupan kita  menjadi semakin baik.

Kesimpulannya adalah, dalam  kehidupan kita sehari-hari, apapun tugas kita, apapun peran kita, tanggung jawab  adalah harus dicari, dan bukan untuk ditunggu, apalagi untuk dihindari. Karena di dalam TANGGUNG JAWABLAH karakter PEMIMPIN  dan KEPEMIMPINAN itu  berada.

 

Bravo.

Maryono Rahardjo

Medan Satria, 25 Desember 2011.            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar